Menjaminkan Sertifikat Mengajukan KPR

Posted on Updated on

KPRID,sayamau nanya. saya ada uang 200 jt.mau beli ruko second harga 600 jt. dana kurang 400 jt. kebetulan saya sudah punya ruko 1 lantai sertifikat shm.. di bank mandiri mereka bisa cairkan 400 jt dengan jaminan ruko 1 lantai itu lewat pinjaman core jangkah waktu 3 thn. dengan angsuran 13,5 jt perbln. rencananya sertifikat ruko yg akan saya beli ini akan saya kpr kan,untuk melunasi pinjaman yg di bank mandiri. mungkin dengan cicilan di kpr lebih ringan antara 6/7 jt perbln walaupun jangkah 15 thn tapi saya yakin insyaallah bisa mengangsurnya.yg jadi pertayaan saya: 1.apakah kpr mau meloloskan kpr saya itu dengan adanya pinjaman di bank tsb. 2.kalo saya kprkan di bank mandiri,bisakah kpr mandiri meloloskan kpr saya walaupun katanya beda departemen antara anggunan dengan kpr .( sama sama bank mandiri ) 3. bisakah nama saya sendiri saya kpr kan? 4.kalo saya kpr kan di bank lain bisakah peluang kpr saya lolos? atau haruskah saya bicara jujur ke pihak kpr bahwa jika cair uangnya itu untuk saya gunakan membayar utang pinjam di bank mandiri tsb.untuk memperkecil angsuran saya. mohon bantuan penjelasannya. saya khwatir kpr saya tidak lolos dan saya harus menerima resiko bayar perbln 13,5 jt itu walaupun hanya 3 thn . trimakasih banyakk……

– Riswandy Amanda


1. Hal ini kembali kepada penilaian bank terhadap kemampuan financial anda. Jadi saya tidak bisa memastikan hal ini, karena tentunya banyak faktor penilaian dari pihak bank.

2. Kalau melihat mengenai hal ini kemungkinannya kecil, namun ini tentunya kembali ke no 1.

3. Kalau pun anda ingin mencobanya mungkin untuk pengajuan KPR gunakan nama lain, misalnya istri/suami anda.

4. Saya rasa ada baiknya memberikan informasi sejelas mungkin di awal, sehingga tidak menimbulkan kesulitan bagi anda di kemudian hari.

Ingat selalu teliti, teliti dan hati-hati dalam prosesnya, semoga membantu.

Leave a Reply

