Booking Fee

Posted on

Dear bpk/ibu,,
Saya mau konsultasi,,
Saya pengajuan KPR, awalnya di bank A, tetapi ada kendala penambahan DP, setelah pindah ke bank B, ternyata disetujui, dipertengahan proses bank B ini, kebutuhan uang mendesak keluarga, dan ternyata setelah dipertimbangkan ternyata lebih enak di bank A. Saya sudah booking 10 juta ke developer. Yg ingin saya tanyakan, dalam undang-undangnya, berapa persen uang booking dikembalikan ke customer apabila cancel pengajuan, dan undang-undang apa atau peraturan apa terkait mengenai hal tsb. Terima kasih. – Ria


Booking kita serahkan ke pihak pengembang. Sementara apabila ini menyangkut pilihan bank yang akan digunakan seharusnya tidak mempengaruhi booking fee yang sudah di serahkan ke pengembang.

Pada umumnya untuk booking fee apabila terjadi pembatalan hangus. Beda halnya dengan DP bisa kita minta kembali selama belum terjadi akad kredit. Namun biasanya akan dikenakan potongan biaya administrasi yang jumlahnya sesuai dengan kebijaksanaan pihak pengembang. Serta biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, harus bisa bersabar untuk bisa menerima DP kita dikembalikan. Hal ini biasanya tertera pada formulir pesanan rumah. Sementara untuk undang-undang atau peraturan setahu saya tidak ada yang mengatur hal ini.

Ingat selalu teliti, teliti dan hati-hati dalam prosesnya, semoga membantu.