KAMUS KPR

Posted on Updated on

KAMUS KPR

Ability To Pay Kemampuan angsur konsumen dengan memperkirakan berapa besar kemampuan untuk membayar angsuran KPR setelah  penghasilan kotor konsumen dipotong kewajiban lain yang ada. (lihat Bab Underwriting Sub-Bab Rasio Angsuran)
Adjustable Rate Mortgage (ARM) KPR dengan suku bunga yang dapat disesuaikan secara periodik berdasarkan suatu indeks yang sudah ditentukan sebelumnya.
Alih Debitur Pelunasan saldo pinjaman KPR konsumen lama dengan cara penjualan rumah yang menjadi jaminan KPR, dimana pembeli rumah akan menjadi konsumen KPR.
Amortization (Amortisasi) Pengurangan utang dengan pembayaran pokok dan bunga secara teratur dengan jumlah tertentu sehingga pinjaman lunas/ terbayar pada saat jatuh tempo.
Amortization Schedule (Jadwal Amortisasi) Schedule/ jadwal pembayaran angsuran bulanan yang menggambarkan bagaimana pinjaman akan dilunasi dalam besaran angsuran yang terdiri dari pokok dan bunga.
Application form  (Formulir Aplikasi) Formulir permohonan yang harus diisi oleh nasabah dan/atau calon nasabah untuk mencatat informasi yang dibutuhkan oleh Bank.
Appraisal Opini atas nilai estimasi harga pasar terhadap suatu obyek rumah tertentu dan pada saat tertentu.
Business Continuity Plan Merupakan perencanaan yang dibuat untuk mengantisipasi kesinambungan bisnis dan operasional setelah terjadinya bencana (disaster). Lihat juga Disaster and Recovery Plan.
Credit Enhancement  Adalah suatu metoda untuk mengurangi risiko kredit dengan melimpahkannya ke suatu lembaga/institusi tertentu.Contoh: Credit Enhancement dapat diperoleh dari penggunaan asuransi kredit, jaminan dari Pihak Ketiga, dan lainnya. Setiap metoda memberikan jaminan kerugian yang dialami Originator dalam hal terjadi kredit macet.
Credit Report  Adalah suatu laporan mengenai catatan kinerja kredit dari konsumen potensial yang akan dipergunakan Originator untuk membantu menetapkan kelayakan pemberian kredit terhadap konsumen tersebut.
Custodial Services Jasa pelayanan penyimpanan dokumen jaminan dan dokumen berharga lainnya.
Custodian Petugas pengelola penyimpanan dokumen jaminan.
Disaster Recovery System Adalah suatu sistem yang melakukan back-up terhadap keberlanjutan kegiatan bisnis terhadap suatu risiko/kejadian menyebabkan sistem utama (back-bone) menjadi tidak berfungsi (misalnya karena adanya bencana atau hal lainnya)Kategori bencana antara lain:

    • Kebakaran
    • Kegagalan sistem
    • Serangan teroris
    • Serangan virus komputer
    • Demontrasi karyawan
    • Masalah Hukum
    • Dan lain-lain

Lihat juga Business Continuity Plan

Dual Approval Adalah persetujuan kredit terhadap konsumen yang diberikan oleh dua orang yang independen.
Dual Control Pengawasan yang dilakukan secara berlapis dan independen.
Early Payment Default Kejadian gagal bayar/ tunggakan KPR di awal masa KPR.
Fixed Rate Tingkat suku bunga KPR tetap sepanjang jangka waktu pinjaman KPR.
Foreclosure Proses eksekusi/penjualan jaminan yang dilakukan Originator untuk mendapatkan pelunasan saldo KPR yang tertunggak melalui ketentuan hukum yang berlaku.
Foreclosure Risk Tingkat/rasio kemungkinan terjadinya eksekusi/penjualan jaminan.
Fully Amortized Sistem pembayaran angsuran bulanan yang terdiri dari Pokok dan Bunga. Besarnya angsuran mencukupi untuk pembayaran kembali pinjaman hingga lunas sesuai jangka waktu yang ditetapkan; dapat disebut juga pelunasan secara otomatis.
GIGO (Garbage In GarbageOut) Merupakan prinsip dalam sistem informasi dimana kualitas data yang diterima akan berdampak pada informasi yang dihasilkan kemudian.
Index Rate Adalah suatu acuan tingkat suku bunga tertentu untuk digunakan sebagai dasar penetapan suku bunga produk KPR.
Loan Application Adalah dokumen persyaratan yang disyaratkan Originator pada saat debitur mengajukan pinjaman. Dokumen ini berisi informasi detil tentang debitur dan data rumah & tanah yang akan dibiayai Originator.
Loan Servicing Pengelolaan tagihan pembayaran KPR serta kewajiban terkait debitur lainnya, seperti pengelolaan rekening escrow, asuransi, penyelesaian pinjaman debitur bermasalah dan pengiriman pembayaran angsuran pool KPR kepada investor.
Loan File Suatu sarana pencatatan yang menyediakan informasi pinjaman/ KPR secara menyeluruh.
Loan Set-up Kegiatan pencatatan data/ informasi ke dalam loan file sesuai dengan hasil keputusan kredit.
Loan To Maturity Sisa jangka waktu KPR
Loan Workout Suatu upaya penyelesaian kredit bermasalah.
Loss Severity Nilai kerugian pokok pinjaman ketika dilakukan eksekusi/penjualan jaminan KPR.
LTV Ratio (Loan To Value) Adalah perbandingan (persentase) antara jumlah kredit dengan harga jual tanah & rumah atau hasil penilaian yang dilakukan oleh perusahaan penilai, mana yang lebih rendah.  (Jumlah Pinjaman/ nilai properti = loan to value ratio).
Margin Rate Tingkat/ rasio keuntungan.
Mortgage Insurance Adalah pertanggungan asuransi terhadap kemungkinan timbulnya kerugian Originator sebagai akibat kredit macet untuk jumlah tertentu (umumnya 20%).
Management Information System Kemampuan infrastruktur IT dalam mendukung pengelolaan sistem informasi KPR.
Non Performing Loan (NPL) Status pinjaman/ KPR dimana terjadi penunggakan angsuran lebih dari 3 (tiga) bulan atau tergantung dari Perjanjian Kredit yang ada.
Origination Proses penawaran produk KPR hingga memastikan kelengkapan aplikasi calon debitur KPR.
Periodic Rate Adjustment Date Tanggal penyesuaian suku bunga dalam suatu periode tertentu.
Personal Discussion Teknik wawancara/ berkomunikasi dengan calon debitur guna mendapatkan informasi dan kebutuhan debitur serta memberikan solusi yang paling tepat bagi calon debitur dalam mendapatkan rumah melalui KPR. Istilah ‘personal discussion’ adalah pengganti istilah wawancara/interview untuk tidak memberikan kesan bahwa petugas interview lebih tinggi dari yang di-interview.
Prepayment Speed Adalah perkiraan tingkat kecenderungan konsumen melunasi sebagian atau seluruh saldo KPR sebelum tanggal/waktu jatuh tempo. Hal ini penting bagi investor untuk melakukan penilaian dalam investasi di pass-through RMBS.
Probability of Default Adalah tingkat kemungkinan terjadinya gagal bayar angsuran KPR sehingga masuk ke dalam kriteria KPR menunggak.
Quality Control Kebijakan dan prosedur untuk memastikan kualitas ketepatan dan efisiensi dalam produksi, penjualan dan pengelolaan KPR.
RMBS Residential Mortgage Backed Securitities/ RMBS adalah Surat berharga (Efek Beragun Aset) dimana investor memperoleh pengembalian dan hasil investasinya dari pembayaran angsuran KPR.
Servicer Jasa pengelolaan terhadap tagihan pembayaran KPR konsumen  serta kewajiban terkait debitur lainnya dari pool KPR pada RMBS. (lihat Loan Administrator).
Servicing (Loan Administration) Suatu fungsi dalam pengelolaan KPR yang meliputi kegiatan administrasi pembayaran, customer service (pelayanan debitur), pelaporan kepada investor, penagihan dan proses eksekusi aset. Selengkapnya lihat Bab Servicing Sub-bab Tanggung Jawab Departemen Servicing.
Tracking Record System Suatu mekanisme pencatatan yang dibuat sedemikian rupa untuk kemudahan pengaksesan data/ informasi.
Underwriter Disebut juga loan processor, adalah petugas yang melakukan verifikasi data dan evaluasi terhadap permohonan pinjaman KPR dan merekomendasikan keputusan kredit. Evaluasi meliputi, antara lain aspek kemampuan keuangan (ability to pay), aspek kemampuan kewajiban membayar sesuai ketentuan yang ditetapkan (willingness to pay), aspek hukum dan nilai jaminan, dll
Underwriting Proses pemberian keputusan kredit kepada konsumen melalui penilaian dan analisa dari aspek jaminan, ability dan willingness to repay, dll  (lihat underwriter)
Willingness To Pay Berkaitan dengan karakter konsumen dalam kemampuan dan kemauan memenuhi pembayaran angsuran KPR sesuai ketentuan Originator.
Write Off Penghapusan bukuan piutang tertunggak yang sudah tidak dapat tertagih lagi.


http://www.smf-indonesia.co.id/index.php?mib=pages&parent=0070&id=0204

2 thoughts on “KAMUS KPR

    kristiantoko said:
    November 4, 2012 at 3:57 pm

    Saya mau mengajukan KPR bersubsidi dng harga jual 95 jt (tipe36) ,, saya karyawan,,tetapi saya baru membuat NPWP setelah booking fee dan memang sebenarnya saya blm ada NPWP ,,apakah pihak bank akan menyetujui pengajuan KPR saya dalam keadaan NPWP yg masih baru dibuat,, di situ tertulis penghasilan max 3,5 jt ,,sedangkan gaji pokok saya 2,2 + uang makan+transport sekitar kotor 3jt an ,,apakah pihak bank akan sangat detail mewawancara untuk masalah saya ini,,bank nya bank BTN ,,untuk utang piutang di bank saya tidak ada cacat sedikitpun ,,mohon pencerahannya…terima kasih….

      kprid responded:
      November 10, 2012 at 8:11 am

      Setahu saya salah satu persyaratannya ada memiliki NPWP, paling tidak ada Nomor NPWP. Jadi apabilan sampai saat anda mengajukan KPR anda belum melengkapi NPWP anda mungkin pihak Bank akan menolak permohonan KPR anda. Rata-rata NPWP sudah merupakan salah satu persyaratan dalam proses pengajuan KPR.

      Dalam wawancara memang pasti akan ditanyakan hal tersebut karena menyangkut kepada menentukan jangka waktu pembayaran sesuai kemampuan calon nasabah dengan jumlah penghasilannya.

      Ingat selalu teliti, teliti dan hati-hati dalam prosesnya, semoga membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s