CIMB Niaga dan PT. Jaringan Selera Asia, Salah Siapa?

Posted on

Bogor – Pada 16 September 2005 saya mendapatkan persetujuan KPR yang diberikan oleh Bank Niaga cabang Falatehan. KPR diberikan untuk pembelian 1 unit rumah di Perumahan Griya Cendikia, Bogor dengan developer PT. Jaringan Selera Asia. Copy surat-surat yang berhubungan dengan kepemilikan rumah dijanjikan akan selesai paling lambat satu tahun sejak akad kredit.

Namun sampai saat ini surat surat yang dijanjikan ternyata tidak ada. Saya mengajukan kredit berdasarkan fasilitas Home Loan karyawan dari perusahaan dimana saya bekerja, bekerja sama dengan dengan Bank Niaga (Saat ini CIMB Niaga). Saat ini saya ingin melakukan taking over kredit karena ada yang berminat membeli rumah saya tersebut Customer service CIMB Niaga menghubungi saya dan meminta saya untuk membuka rekening CIMB Niaga untuk proses pembayaran cicilan bulanan, karena saya tidak bekerja lagi di Allianz Utama Indonesia. Karena saya bermaksud akan segera melunasi pinjaman tersisa tersebut maka saya menolaknya. Informasi proses pelunasan ini sudah saya sampaikan pada bulan Oktober 2011 ketika rumah saya ada yang berminat untuk membeli.

Namun pembelian rumah batal, karena pihak Bank Niaga mengulur-ulur waktu pengurusan taking over kredit ke calon pembeli rumah saya dan tidak bisa menyerahkan sertifikat rumah sesuai waktu yang kami minta. Menurut informasi terakhir yang saya terima dari marketing yang mengurus taking over credit, PT. CIMB Niaga perlu waktu untuk memproses sertifikat rumah saya tersebut.

Hal ini disebabkan karena pejabat yang berwenang dari PT. CIMB Niaga sedang ke luar negeri. Saat ini saya tidak bisa membayar cicilan bulan Januari karena pihak customer service tidak mau memberitahukan nomor rekening dimana saya bisa mentransfer cicilan. Mohon bantuan pihak PT. CIMB Niaga untuk menjembatani persoalan ini, saya berniat melunasi sisa hutang, dan saya ingin saat pelunasan hutang tersebut, pihak bank CIMB Niaga sudah menyiapkan sertifikat rumah yang menjadi hak saya tersebut. Sebagai informasi, saya sudah dihubungi oleh pihak Customer Care CIMB Niaga, dimana penjelasan dari pihak bank, bersifat sepihak Saya tidak mengerti dengan formulir yang Anda kirim.

Yang terjadi adalah penjelasan secara sepihak dari Ibu Thea bahwa posisi CIMB NIAGA sama dengan posisi nasabah yaitu sebagai korban developer. Pertanyaan saya belum terjawab, yaitu adanya pernyataan dan informasi dari CIMB NIAGA mengenai kapan sertifikat atas rumah dan tanah yang menjadi hak saya akan diserahkan ke saya. Karena walau bagaimanapun adalah menjadi hak nasabah ketika kredit dilunasi, maka bank berkewajiban menyerahkan surat / sertifikat terkait. Saya mengharapkan penjelasan melalui email, mengenai sudah sampai dimana proses sertifikat saya tersebut karena bulan ini hutang saya akan segera saya lunasi dan saya minta ada pernyataan dari Bank CIMB Niaga mengenai perkiraan waktu lamanya proses yang diperlukan untuk menyelesaikan sertifikat rumah saya ini. Panjang lebar saya berargumentasi dengan Ibu Thea, malah pembelaan diri dari pihak CIMB Niaga yang saya terima, tidak ada pengakuan dari bahwa ada kelalaian dari pihak bank yang tidak menegur developer dan memberitahu nasabah bahwa bank (dalam hal ini juga nasabah) berurusan dengan developer bermasalah.

Terbukti, 1 tahun setelah akad kredit seharusnya CIMB NIAGA sudah mengetahui bahwa Developer tidak memenuhi janji untuk menyerahkan surat-surat yang diperlukan serta menindak Developer tersebut dengan tegas. 7 tahun saya ambil kredit, giliran akan dilunasi, CIMB NIAGA mangkir. Tolong puaskan pernyataan nasabah yaitu ada pernyataan dari Bank CIMB Niaga mengenai perkiraan waktu lamanya proses yang diperlukan untuk menyelesaikan sertifikat rumah saya. Kalau saya diminta harus menandatangani surat dengan kalimat : “dengan surat ini saya menyatakan telah memahami dan menyetujui penjelasan dari pihak PT . Bank CimbNiaga, Tbk” maka dengan ini saya nyatakan bahwa saya tidak paham dan tidak setuju dengan penjelasan Bank Niaga.

Saya akan menandatangani dokumen ini apabila bank niaga bisa menjawab pertanyaan saya dengan menyebutkan tenggat waktu kapan sertifikat tersebut ready apabila proses pelunasan hutang saya lakukan. Apabila tidak ada jawaban resmi dari Bank CIMB Niaga sampai tanggal 1 Maret 2012, maka saya akan meneruskan info ini ke Media lainnya dan akan menempuh jalur hukum.

Salam,

Ana Nani Kuswanti
Tiwir VIII – Blendung RT 004/ RW 023, Sumbersari Moyudan Sleman
Yogyakarta

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/30515

Leave a Reply

