Hati-hati Beli Rumah di Pulomas Residence

Posted on

Pada Maret 2008, saya membeli rumah di Pulomas Residence Blok F8 dengan cara pembayaran tunai bertahap. Menurut perjanjian, rumah akan selesai pada April 2009.

Temyata pada bulan April, rumah belum selesai dan menurut progress report mingguan baru 51 persen padahal pembayaran rumah sudah lunas. Di bulan Juni, saya bertemu dengan pimpinan proyek dan menanyakan hal ini. Katanya, rumah sara belum selesai karena ada perubahan nonstandar dan harusnya saya komplain ke kontraktor bukan ke Duta Anggada, pengembang.Saya menanyakan ganti rugi keterlambatan yang harus dibayar developer ke pemilik rumah 1 per mil dari nilai rumah, maksimal 3 bulan. Tapi, katanya saya tidak bisa menuntut klaim karena tidak dalam kondisi standar. Sekarang karena perubahan ini tidak melalui Duta Anggada, klaim keterlambatan tidak bisa dibayar padahal kontraktor tersebut harusnya menjadi tanggungjawab developer.

Waktu sara bertemu dengan pimpinan proyek. Duta Anggada mengakui memang untuk rumah-rumah yang nonstandar kurang diperhatikan karena mereka lebih memperhatikan rumah-rumah yang standar.Tapi, kenyataannya cuma janji. Sampai bulan Desember 2009, rumah belum selesai dan banyak sekali komplain, misalnya pemasangan keramik yang tidak rata. Selalu ada alasan yang bisa menyalahkan orang lain. Sampai saya tanya kalau sudah tahu tidak bagus kualitasnya kenapa harus pake keramik merek Indo Gress.

Pemasangan aluminium JM di genteng banyak yang sobek sehingga mengakibatkan bocor. Tembok-tembok rumah banyak yang tidak siku dan plesteran tidak rapi, tapi sudah dicat Sampai bulan Desember ada enam rumah di Blok F yang bernasib serupa dengan saya.Sekarang setelah rumah ditempati dari 23 Januari 2010 banyak muncul masalah, seperti kamar mandi bocor, listrik turun terus, kamar master rembes air. dan bak penampungan air PAM bocor. Sejak April 2009 saya tidak bisa berbuat apa-apa dan tidak mendapat ganti rugi.Calon pembeli harap berhati-hati jika ingin membeli rumah atau apartemen dari PT Indo Galery Square dan Duta Anggada Group. Jangan sampai bernasib seperti saya.

Haris Rinaldi
JaiiaaTrw

http://bataviase.co.id/detailberita-10574239.html

2 thoughts on “Hati-hati Beli Rumah di Pulomas Residence

    shanty said:
    August 20, 2012 at 11:43 am

    Saya mau tanya ttg keterlambatan serah terima bangunan hampir 1 tahun tapi kompensasi dari pihak developer tidak tertera dalam perjanjian jual beli apakah berarti kita tidak mempunyai kekuatan hukum ? Dari pihak developer hanya memberikan kompensasi berupa 2 unit AC 1 pk Dan gratis iuran pemeliharaan lingkungan selama 1tahun pdhl kalau dari pihak kita ada keterlambatan angsuran (IN HOUSE 24 BULAN) kita dikenai 1/mill perhari atau 3% perbulan dari jatuh tempo tagihan . Yang menurut kita tidak sesuai kompensasi yg diberikan pihak developer . Apakah ada solusi untuk Kami sebagai pihak konsumen untuk mendapat kompensasi yg sesuai? Apakah bila tidak tertera dlm perjanjian jual beli kita tidak berhak untuk mendptkan kompensasi yg sesuai Dan tdk mempunyai kekuatan hukum?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s