Perbankan Mulai Seret Beri KPR

Posted on

Liputan6.com, Jakarta: Para calon pembeli rumah dengan cara kredit sepertinya harus mengumpulkan uang lebih banyak. Pasalnya pengembang mulai menaikkan uang muka lebih besar untuk kredit rumah. Bahkan perbankan makin selektif memberi kredit. Keadaan ini tidak bisa dihindari sebagai dampak dari melemahnya perekonomian global.

Berdasarkan pantauan SCTV, Kamis (20/11), kantor pemasaran di kawasan Tangerang, Banten, sepi dari pengunjung. Kondisi ini berlangsung beberapa bulan belakangan dan makin sepi sejak sebulan terakhir. Menurut Kodir, staf pemasaran berbagai upaya memberikan insentif bagi calon pembeli rumah tak mampu mendongkarak penjualan.

Kehatian-hatian perbankan menyaluran kredit diakui oleh Bank Tabungan Negara (BTN) yang dikenal sebagai bank KPR. Direktur Utama BTN Iqbal Latanro mengatakan, langkah ini terpaksa diambil pihaknya mengingat masih tingginya Suku Bunga Bank Indonesia serta potensi gagal bayar karena semakin lemahnya daya beli masyarakat.

Keadaan ini tak dapat dihindari akibat dari krisis keuangan global. Namun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selalu mengingatkan jangan menyerah. Krisis ini harus dihadapi bersama tanpa saling menyalahkan dan selalu akan ada jalan keluar.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s