5 Langkah Pasti Sebelum Membeli Rumah

KOMPAS.com - Memilih rumah untuk kemudian dibeli itu gampang-gampang-susah. Tersedianya dana tak berarti serta-merta persoalan selesai.

Memang, karena terkadang ada kebutuhan spesifik yang harus dipenuhi. Sebut saja, misalnya, bagi keluarga muda yang memiliki anak kecil, tentu rumah yang dekat dengan sekolah menjadi salah satu pertimbangan utama.

Seiring dengan semakin macetnya lalu lintas di kota-kota besar, Anda juga pasti menginginkan lokasi rumah yang tidak terlalu jauh dengan kantor. Atau, setidaknya memiliki banyak alternatif jalan sehingga tidak mesti selalu terjebak kemacetan lalu lintas.

Namun, di samping pertimbangan-pertimbangan spesifik demikian, ada juga hal-hal yang secara umum patut dipertimbangkan. Lima langkah berikut ini dapat membantu Anda memutuskan untuk membeli rumah di mana:

- Lokasi rumah yang hendak dibeli haruslah memiliki akses jalan yang mudah dicapai. Jangan mudah tergiur janji-janji manis pengembang yang mengatakan bahwa perumahan tersebut hanya lima menit dari pintu tol. Siapa tahu, lima menit yang dimaksud hanya terjadi pada tengah malam dan jalan lengang.

- Untuk memastikannya, ada baiknya jika Anda melakukan uji coba pada jam-jam sibuk, seperti pagi dan sore hari. Pastikan, bahwa lingkungan calon rumah tinggal memiliki suasana dan tetangga yang menyenangkan, karena di sanalah nantinya Anda akan banyak menghabiskan waktu. Biar bagaimanapun, nantinya tetangga adalah orang pertama yang akan dimintai tolong jika ada sesuatu yang terjadi, bukan?

- Pastikan pula, bahwa kompleks perumahan yang Anda pilih memiliki infrastruktur, seperti akses kendaraan umum, luas jalan, listrik, air, keamanan, kebersihan, pasar, minimarket, klinik, sarana olahraga, pusat hiburan, dan sebagainya yang bisa dijangkau dengan mudah.

- Pastikan rumah yang Anda incar tersebut tidak berada pada daerah rawan banjir. Terakhir, perhatikan kondisi dan kualitas bangunan secara detail. Bila perlu, buat daftar untuk melakukan cek terhadap kondisi atap, tembok, kusen, jendela, kamar mandi saluran air, serta lubang angin.

Jika lima langkah ini sudah dilakukan, niscaya rumah yang dibeli akan memberikan kenyamanan bagi Anda sekeluarga. Selamat memilih! (AYA)

http://properti.kompas.com/read/2011/10/14/11210133/5.Langkah.Pasti.Sebelum.Membeli.Rumah.

About these ads

About kprid

Seorang mantan konsumen dan nasabah KPR yang telah mengalami sebuah ketidakadilan dalam proses dan perjalanan KPR. Namun semua itu memang sudah menjadi sebuah takdir dalam kehidupannya. Maka dari itu Blog ini adalah bagian dari usahanya untuk menegakkan keadilan di mata Tuhan. Dengan memberikan segalanya untuk dapat mencegah jangan sampai ada konsumen dan nasabah KPR yang menjadi korban ketidakadilan di dunia properti dan perbankan. Semoga dari ketidakadilan yang dialaminya bisa memberikan sebuah manfaat bagi khalayak umum yang tengah mencari dan berusaha mendapatkan sebuah rumah impiannya. Akhir kata mudah-mudahan Tuhan memberikan petujuk dan hidayahnya bagi kita semua, khususnya untuk para pengembang dan Bank-Bank di tanah air yang kita cintai ini. Besar harapan kita tentunya Tuhan dapat membukakan mati hati nurani dari para pengembang dan bank-bank yang berlaku tidak adil dan semena-mena yang hanya mengejar keuntungan buat diri mereka, sehingga mereka bisa menjadi institusi yang menghargai konsumen dan nasabahnya.

Posted on October 19, 2011, in Artikel. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 255 other followers

%d bloggers like this: